5 Cara Membersihkan Injektor Mobil Secara Praktis

Injektor mobil merupakan salah satu komponen yang terdapat pada mesin injeksi dan keberadaannya sangatlah penting. Karena keberadaannya yang sangat berpengaruh terhadap komponen lain, tak heran jika akhirnya banyak orang yang mencari cara membersihkan injektor mobil secara tepat.
Injektor mobil berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar pada kendaraan kedalam ruangan silinder. Keberadaan injektor sangatlah berpengaruh terhadap kinerja sebuah kendaraan, khususnya mobil yang menggunakan sistem EFI (Electronic Control Unit). Pada dasarnya sistem kerja injeksi tidak dapat dipisahkan dari ECU (Electronic Control Unit).
Saat ini, sebagian besar mobil sudah menggunakan sistem injektor. Hal ini lantaran sistem injektor mampu menghasilkan performa atau tenaga yang baik dan bersih jika dibandingkan dengan mobil yang masih menggunakan sistem karburator. Oleh karena itu, pastikan injektor mobil Anda selalu dalam kondisi yang bersih. Adapun cara dalam membersihkan injektor akan kami ulas di bawah ini.
5 Cara Membersihkan Injektor Mobil Secara Praktis

Bersihkan Fuel Filter Terlebih Dahulu
Sebelum membersihkan injektor mobil sebaiknya Anda bersihkan terlebih dahulu fuel filter atau saringan bahan bakar. Hal ini dikarenakan jika fuel filter masih dalam keadaan kotor maka kotoran-kotoran tersebut akan masuk kembali dalam ruang injektor mobil.
Bersihkan Injektor Mobil
Setelah fuel filter dibersihkan kini saatnya Anda membersihkan injektor mobil. Langkah pertamanya adalah nyalakan  mesin mobil, setelah itu buka bagian sekring injektor atau relay fuel plump. Hal ini bertujuan untuk memutuskan arus listrik yang terhubung pada fule pump bensin.
Buka Bagian Seal Injektor
Apabila injektor mobil sudah lepas, selanjutnya buka bagian seal injektor. Pastikan komponen masih dalam keadaan baik, pembukaan injektor bertujuan untuk memudahkan cairan pembersih tidak mengenai atau merusak komponen tersebut.
Bersihkan Bagian Luar Injektor
Selanjutnya adalah bersihkan bagian luar injektor mobil dengan pembersih khusus injektor atau injector cleaner. Pastikan dalam membersihkannya dimulai dari ujung injektor mobil atau bagian yang lebih sering menempel karbon.
Pasang Adaptor pada Mobil
Ketika injektor mobil dalam kondisi yang bersih, maka saatnya Anda memasang adaptor pada mobil. Adaptor bisa diperoleh dengan membeli ataupun merangkai sendiri. Pastikan, sebelum memasangnya Anda telah menyiapkan aki berdaya listrik 12 volt lalu pasangkan injektor cleaner. Setelah itu, pasang dari salah satu kabel negatif aki kesalah satu terminal di injektor mobil. Pasangkan kabel lainnya dengan terminal injektor lainnya pula.
Itulah beberapa cara membersihkan injektor mobil secara praktis, jika memang Anda merasa kesulitan dalam memahami masing-masing komponen yang terdapat pada mobil maka sebaiknya percayakan saja pada ahlinya. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan yang dapat berakibat fatal. Semoga bermanfaat.