5 Cara Membuat Artikel yang Menarik Agar Disukai Pembaca


cara membuat artikel yang menarik
Membuat artikel yang menarik minat pembaca memang tidaklah mudah. Dalam dunia tulis menulis, ada beragam jenis artikel mulai dari artikel argumentasi, artikel narasi, artikel eksposisi, artikel deskripsi, artikel fiksi, artikel ilmiah, artikel tutorial dan lain sebagainya. Lantas kenapa dalam menulis artikel haruslah menarik?. Jika Anda seorang blogger atau pengelola website tentu sudah paham bahwa hal ini bertujuan untuk menarik pembaca yang ujungnya bisa menaikkan traffic blog. Sebagai jasa penulis artikel yang sudah lama berkecimpung di dunia tulis menulis berikut ini akan kami bagikan cara membuat artikel yang menarik berdasarkan pengalaman kami.
Sebuah artikel bisa dikatakan menarik jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Judul mengundang klik
  • Bagian pembuka menarik pembaca untuk membaca sampai tuntas
  • Isi artikel berbobot dan tidak menjenuhkan
  • Penutup mengandung kesimpulan dari isi artikel
Untuk bisa membuat artikel yang menarik, Anda harus pandai dalam menggunakan kata dalam setiap poin yang sudah disebutkan di atas. Jangan hanya menulis artikel yang bertujuan untuk membangkitkan semangat Anda saja, akan tetapi buat artikel yang ingin dibaca oleh oleh target pembaca. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Artikel yang Menarik

Membuat Judul yang Mengundang Klik

Judul merupakan poin penting dari sebuah artikel. Bahkan judul bisa menjadi penentu apakah seorang akan meng-klik artikel Anda ataukah tidak. Tentu akan sangat sia-sia ketika sebuah artikel yang keren dan berbobot tidak memiliki judul menarik sehingga pembaca enggan membuka artikel Anda. Bahkan menurut sebuah penelitian hanya 20%  saja pembaca yang akan tertarik untuk membaca artikel Anda setelah melihat judulnya sehingga sangat disarankan membuat judul yang bagus agar pembaca tertarik untuk membaca artikel lebih lanjut.
Membuat judul artikel untuk diposting secara online memang jauh lebih rumit karena selain harus SEO friendly akan tetapi judul juga tetap harus unik dan menarik. Banyak sekali trik yang bisa digunakan untuk membuat sebuah judul menarik mulai dari penggunaan angka, daftar, judul tidak terlau panjang, judul mampu mewakili isi artikel dan yang terpenting adalah tidak berlebihan sehingga terkesan norak. Selain itu pertahankan judul untuk tidak melebihi 70 karakter supaya semua tulisan bisa tampil atau terlihat di mesin pencari Google.

Buka dengan Kalimat yang Bagus

Paragraf pembuka yang bagus bisa membuat pembaca tertarik untuk menyelesaikan membaca artikel Anda. Kebanyakan penulis artikel tidak membuat kalimat pembuka yang cukup bagus dan mereka lebih suka menulis kalimat basa-basi atau tidak penting. Hal ini membuat kebanyakan pembaca melewati bagian paragraf pembuka dan langsung membaca ke intinya saja.
Cara membuat artikel yang menarik dari bagian paragraf pembuka adalah sebagai berikut:
  • Paragraf pertama bisa memancing rasa penasaran pembaca
  • Buat pernyataan yang menggemparkan
  • Membuat penjelasan singkat tentang isi artikel
Sebaiknya dalam menulis paragraf pembaca ini jangan terlalu panjang tetapi tetap harus menarik. Akan jauh lebih baik jika Anda menulis paragraf pembuka sesuai dengan prinsip konten viral dan tentunya selalu perhatikan kaidah SEO.

Menggunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Karena tidak semua orang memiliki tingkat kecerdasan yang sama maka sebaiknya dalam menulis artikel untuk diposting secara online gunakan saja bahasa yang mudah dipahami oleh semua pembaca. Apabila terdapat kalimat asing maka sertakan juga makna dalam bahasa Indonesia sehingga pembaca tidak perlu repot-repot mencari tahu makna dari kata tersebut. Jadi, cara membuat artikel yang menarik tidak hanya sebatas pada informasi yang terkandung saja akan tetapi juga pemilihan kosa kata dalam menulis artikel itu sendiri juga wajib diperhatikan.

Gunakan Gambar yang Menggoda

Hampir setiap artikel yang ada di internet menggunakan gambar sebagai pemanis. Selain berfungi untuk menimbulkan kesan indah pada artikel, penambahan gambar pada artikel juga akan menghindarkan pembaca dari rasa jenuh. Tentu saja dalam memilih gambar harus sesuai dengan topik artikel yang Anda tulis. Selain itu gambar dalam artikel seharusnya memiliki resolusi tinggi (tidak pecah), tidak banyak digunakan orang lain (akan jauh lebih baik jika Anda mengambilnya sendiri), dan gambar tidak membohongi pembaca.

Artikel Mengandung Informasi Bermanfaat

Tujuan utama menulis sebuah artikel adalah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Tetapi faktanya banyak artikel yang menduduki halaman pertama Google hanya berisi kalimat itu-itu saja  (berputar-putar). Kebanyakan penulis blog hanya mengejar jumlah kata ataupun keyword sehingga membuat isi artikel menjadi berantakan. Jadi apabila Anda seorang tipe penulis yang seperti ini maka sebaiknya perbaiki gaya penulisan Anda mulai sekarang karena hal tersebut bisa membuat pembaca merasa kecewa.
Jika Anda memang benar-benar tidak mampu membuat tulisan yang mengandung informasi bermanfaat dan terstruktur dengan baik maka percayakan saja penulisan artikel pada jasa penulisan artikel seperti kami.  Selain memahami secara mendalam cara membuat artikel yang menarik, tentu saja penulisan artikel di Kontenmania berdasarkan pada kaidah SEO sehingga bisa membuat blog yang Anda kelola memiliki posisi bagus di mata mesin pencari seperti Google.
Jika ingin belajar menulis artikel, Anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas. Hal yang tidak kalah penting dalam menulis artikel yang baik adalah selalu belajar membuat artikel-artikel baru setiap hari sehingga keahlian menulis bisa terasah. Perbanyak juga informasi dan kosa kata dengan sering membaca konten artikel dari berbagai sumber. Selamat mencoba!.