Perbedaan Artikel SEO dan Natural


Setiap blogger tentu memiliki trik tersendiri supaya blog yang dikelola memiliki banyak visitor. Banyak orang beranggapan bahwa agar sebuah artikel bisa dibaca oleh banyak orang maka harus dioptimasi menggunakan keyword atau kata kunci sehingga membuat artikel tersebut SEO friendly. Akan tetapi tidak sedikit juga website-website ternama yang tidak menyisipkan keyword tertarget pada tiap postingan artikelnya dan berhasil menarik banyak pembaca.
Perbedaan artikel SEO dan natural memang sangat jauh, ketika jenis artikel SEO selalu dioptimasi menggunakan keyword, lain halnya dengan artikel natural yang hanya ditulis mengikuti alur tanpa memperhatikan peletakan keyword. Jika Anda masih bingung dengan perbedaan kedua jenis artikel ini maka simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Artikel SEO dan Natural

Artikel SEO

Jenis Artikel SEO di Kontenmania ditulis dengan peletakan keyword sebanyak 1% yang disisipkan dalam judul, paragraf pertama, paragraf inti dan paragraf penutup. Selain itu, penempatan keyword juga terdapat dalam subheader. Walaupun artikel mengandung keyword tertarget tentu saja tim penulis Kontenmania akan memasukkan keyword senatural mungkin sehingga tetap nyaman dibaca.
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena kebanyakan blogger hanya fokus pada SEO (terutama peletakan keyword) sehingga membuat artikel yang dihasilkan berantakan dan hanya  layak dibaca oleh mesin (bukan manusia). Jadi selain SEO friendly, sangat wajib bagi penulis untuk membuat konten artikel yang human friendly.

Artikel Natural

Berbeda dengan artikel SEO, jenis artikel yang satu ini tidak menggunakan keyword sama sekali dalam penulisannya. Gaya penulisan artikel natural lebih fokus pada pembahasan topik sehingga artikel lebih terkesan alami. Walaupun tidak memanfaatkan keyword, akan tetapi artikel natural yang berkualitas tentu saja mampu menduduki peringkat atas Google.
Perlu Anda ketahui bahwa Google menggunakan perilaku pengguna internet untuk menentukan peringkat sebuah artikel di mesin pencarian. Seseorang yang membaca sebuah artikel tentu bisa menilai apakah artikel tersebut bagus atau jelek. Ciri-ciri artikel berkualitas adalah dibaca dalam waktu cukup lama dan sering direkomendasikan pada orang lain. Perilaku manusia ini oleh Google dijadikan sebagai data untuk menilai baik buruknya artikel.
Jadi baik artikel SEO ataupun artikel natural semuanya bisa digunakan untuk mendongkrak peringkat blog Anda di mesin pencarian. Anda tinggal menentukan sendiri akan memilih jenis yang mana. Jika masih bingung apakah akan memilih artikel SEO ataupun artikel natural maka bisa menghubungi Kontenmania sebagai jasa penulisan artikel profesional untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga bisa langsung pesan artikel via whatsapp ataupun email Kontenmania.