Contoh Artikel untuk Blog Berita – Dollar AS Meroket Hingga Rp. 14.000, Volatilitas Masih Dinilai Rendah Oleh BI



jasa-penulis-artikel-contoh-artikel-untuk-blog-berita
Votalitas di tahun 2018 ini dianggap BI masih jauh lebih stabil dibandingkan dengan tahun 2013 ataupun 2015 silam.  Pihak BI juga menambahkan bahwa nilai dollar Amerika Serikat yang  mencapai Rp. 14.000 saat ini hanyalah bersifat sementara. Menurut Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara nilai rupiah yang anjlok disebabkan karena dampak perekonomian global yang melemah.
Kenaikan nilai dollar ini menurut pihak BI sudah diklarifikasi berulang kali. Dampak kenaikan suku bunga tentu saja memberi dampak terhadap pergerakan modal di seluruh dunia. Akan tetapi pergerakan ini volatilitasnya tidak seburuk tahun 2013 ataupun 2015 lalu.
Mirza Adityaswara juga menambahkan bahwa rupiah bukan satu-satunya mata uang yang mengalami dampak tersebut hingga nilainya melemah. Negara-negara berkembang lain seperti India, Filipina, Turki dan bahkan negara maju seperti Norwegia dan Swedia juga mengalami hal yang sama.
Walaupun defisit transaksi yang dialami Indonesia masih berlangsung hingga berdampak pada melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, akan tetapi pihak Bank Indonesia menilai bahwa  defisit transaksi masih bisa sangat terkendali karena belum mencapai batas maksimal 3%. Saat ini Indonesia berada di posisi prudent, yakni 2.2% hingga 2.3%.
Karena bank sentral negara-negara lain telah menaikkan suku bunga, maka apabila data-data perkembangan global serta ekonomi makro sudah mendukung  pihak BI akan menaikkan tingkat suku bunga acuan.
Baca Juga "Contoh Artikel 500 Kata Untuk Blog Kesehatan"