Cara Riset Keyword Menggunakan Ubersuggest dan Keyword Planner

Cara riset keyword paling jitu sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan karena saat ini sudah banyak tools-tools baik gratis ataupun berbayar yang bisa dimanfaatkan untuk membidik kata kunci yang tepat. Seperti kita ketahui bahwa menemukan keyword yang tepat sasaran adalah hal yang sangat penting karena tanpa keyword ter target blog Anda akan sepi pengunjung.
Memang sebuah artikel yang ditulis tanpa disisipkan keyword ter target sekalipun tetap bisa mendatangkan pengunjung organik dari mesin pencari, akan tetapi hasilnya tidak semaksimal artikel  yang telah disisipkan keyword di dalamnya.
Pada dasarnya riset keyword merupakan langkah untuk mencari kata kunci yang paling sering di ketikan oleh para pengguna internet ketika akan mencari sebuah informasi. Misalnya blog atau website yang Anda kelola menawarkan jasa penulisan artikel, maka keyword yang masih berhubungan seperti jasa penulisan artikel bahasa Indonesia, freelance writer, penulis artikel, penulis SEO dan lain sebagainya.
Setelah mengetahui apa itu keyword beserta tujuannya, sebenarnya masih ada lagi jenis-jenis keyword yang pernah dibahas pada postingan sebelumnya. Dari jenis-jenis keyword tersebut Anda bisa menentukan akan menggunakan cara yang mana dalam menentukan keyword. Akan tetapi kali ini admin akan membagikan tips tentang cara menemukan keyword menggunakan Ubersuggest dan Google keyword planner gratis.

Cara Riset Keyword Jaman Now

Riset Keyword dengan Ubersuggest dan Keyword Planner

1.    Langkah pertama buka situsnya di http://ubersuggest.org, kemudian masukan kata kunci yang ingin Anda bidik
2.    Setelah memasukan kata kunci, pilih bahasa (indonesian)
3.    Klik suggest
4.    Setelah muncul kata yang saling terkait dengan keyword yang di ketikan maka selanjutnya klik select all keywords dan klik get
5.    Simpan semua keyword tersebut di notepad
Setelah keyword didapatkan, selanjutnya analisis jumlah pencariannya di mesin pencarian menggunakan langkah-langkah berikut ini.
1.    Login ke Google Adwords (Keyword Planner) kemudian pilih dan klik get search volume data and trends
2.    Upload keyword yang sudah didapatkan melalui Ubersuggest tadi kemudian klik get search volume
3.    Pilih dan klik download (format file dalam bentuk csv)
4.    Buka filenya dan pilih keyword dengan persaingan yang diinginkan
Setelah menemukan keyword yang sesuai Anda bisa menulis artikel dengan kata kunci tersebut. Idealnya dalam sebuah artikel menyisipkan keyword tidak lebih dari 1% saja supaya terhindar dari keyword stuffing. Lebih baik lagi jika Anda menyisipkan juga keyword turunannya.
Selain Ubersuggest dan keyword planner masih banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk mencari keyword seperti https://keywordtool.io, https://neilpatel.com, ataupun www.moz.com. Namun bagi Anda yang memesan artikel di kontenmania.com maka bisa kami bantu untuk riset keywordnya sehingga tidak perlu repot-repot lagi melakukan hal tersebut. untuk cara pemesanan, Anda bisa mengirimkan email ke kontenmania@gmail.com ataupun melalui chat whatsapp.