Contoh Artikel 500 Kata untuk Niche Teknologi - 5 Cara Memaksimalkan Memori Internal di Android

jasa_penulis_artikel_contoh_artikel_tips
Saat ini smartphone Android sudah menjadi kebutuhan sebagian besar orang sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas harian mulai dari sekedar hiburan hingga urusan kerja.
Kemajuan zaman juga mendorong produsen smartphone Android untuk selalu menghadirkan smartphone dengan kualitas yang mumpuni baik dari segi desain maupun fitur yang diusung. Dalam dunia teknologi, semakin tinggi spesifikasi yang diusung maka harga yang dibandrolkan juga semakin mahal.
Oleh karena itu, masih banyak orang yang menggunakan smartphone dengan memory internal kecil karena harganya yang lebih murah. Masalah yang sering muncul pada pengguna perangkat Android adalah ruang penyimpanan yang cepat penuh apabila memory internal yang dimiliki berkapasitas kecil.
Tentu kondisi ini sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah smartphone. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini tidaklah sulit, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah.
5 Cara Memaksimalkan Memori Internal di Android
1.    Perkecil Resolusi Foto dan Video Pada Kamera Smartphone
Hal sederhana yang paling sering diabaikan oleh para pengguna smartphone Android adalah memeriksa seberapa besar resolusi foto maupun video pada smartphonenya. Tiap-tiap megapixel yang anda gunakan sangat mempengaruhi ukuran gambar yang dihasilkan.
Semakin besar resolusi yang anda gunakan maka akan semakin besar pula ukuran gambar yang dihasilkan. Untuk mengurangi penggunaan memory internal yang terlalu banyak maka perkecil saja resolusi foto pada kamera smartphone Android anda. Kamera dengan ukuran 3 MP saja sudah cukup bagus untuk kualitas sebuah foto.
Jadi manfaatkan fitur pada smartphone anda seperlunya saja.
2.    Hindari Aplikasi Berukuran Besar
Google Play Store selau menyediakan aplikasi baik berbayar maupun gratis yang bisa diunduh kapanpun dan dimanapun anda berada. Hal inilah yang menjadikan banyak pengguna Android tidak berfikir panjang untuk menginstal berbagai aplikasi tanpa mengecek terlebih dahulu ukuran filenya.
Jika smartphone Android yang anda gunakan memiliki memori internal yang tidak terlalu besar maka hindari menginstal aplikasi-aplikasi berukuran besar agar smartphone anda tidak mudah lag. Aplikasi berukuran besar biasanya berupa games ataupun aplikasi sosial media.
3.    Manfaatkan Penyimpanan Berbasis Cloud
Agar smartphone Android anda tidak kelebihan beban, manfaatkan ruang penyimpanan berbasis cloud seperti Dropbox, Google Photos dan sebagainya. Jangan paksakan menyimpan file di ruang penyimpanan internal yang sudah terlalu sempit.
Memanfaatkan layanan Cloud juga tidak membatasi anda untuk mengakses file kapanpun dan dimanapun anda berada.
4.    Menonaktifkan Auto-Download Pada Whatsapp
Pesatnya perkembangan smartphone Android saat ini semakin menambah pengguna aplikasi chatting berbasis internet seperti WhatsApp. Para pengguna aplikasi ini sering membuat sebuah grup untuk berkomunikasi dengan rekan ataupun keluarga.
Dalam sebuah grup chatting,  biasanya para anggotanya sering membagikan video ataupun foto yang pada akhirnya bisa membebani memory internal pada smartphone Android anda.
Untuk memberikan ruang lebih banyak maka matikan saja fitur auto-download yang ada pada aplikasi WhatsApp. Sortir saja mana-mana yang anda perlukan dan tidak diperlukan untuk ruang lebih longgar.
5.    Bersihkan Cache dan Junk File Secara Teratur
Cache dan junk file bisa dikategorikan sebagai file jahat yang bisa memperlambat kinerja smartphone Android anda. Ini disebabkan karena kedua file ini memakan kapasitas memory internal yang cukup berharga.
Mungkin sebagian dari anda belum menyadari akan hal ini, dengan membersihkan cache dan junk file secara berkala bisa membuat ruang penyimpanan internal anda semakin bertambah.
Untuk membersihkan cache dan junk file ini bisa melalui aplikasi khusus penghapus cache yang banyak tersedia di Google Play Store ataupun melalui menu setting.
Jika Anda adalah publisher yang ingin mendapatkan artikel seo berkualitas seputar tips teknologi seperti di atas maka bisa langsung tekan tombol whatsapp berwarna hijau di samping kanan untuk pemesanan artikel. Selain itu, Anda juga bisa pesan via email kontenmania@gmail.com.